Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, May 31, 2015

CONTOH PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN


Contoh petunjuk pelaksanaan ini biasanya digunakan di kegiatan sederhana , dan contoh petunjuk pelaksanaan kali ini tentang kaulinan barudak ( Permainan anak ) Tradisional biasanya dimainkan di Daerah Sunda.

1.JAJANGKUNGAN.
A.TATA CARA PERMAINAN
Peserta jajangkungan bersiap di garis “start” kemudian setelah peluit ditiup, para peserta langsung berpacu menjadi yang tercepat menuju garis finish. Lomba dimulai dengan 1 kloter terdiri dari 3 orang sesuai dengan no undian, apabila salah satu peserta terjatuh sebanyak 2 kali peserta akan di hentikan oleh panitia dan jika seluruh peserta dalam satu kloter terjatuh dan dihentikan maka pemenang adalah peserta yang jaraknya paling jauh . arena perlombaan jajangkungan lurus, peserta harus melintasi arena masing-masing yang sudah ditentukan dengan 2 balikan  jika keluar garis pembatas arena peserta akan di diskualifikasi. 

B.SISTEM PENILAIAN
ü  kecepatan (waktu tercepat)
·         Dengan memperhatikan spotifitas
ü  Skill (kemampuan menguasai permainan)
ü  Busana (pakaian harus nyunda)


C.PERATURAN
ü  Peserta adalah perwakilan dari......
ü  Pesserta wajib menggunakan no urut peserta
ü  Peserta harus menjungjung tinggi sportifitas
ü  Peserta memakai pakaian sunda



2.BALAP BATOK
A.TATA CARA PERMAINAN
Lomba dimulai dengan 1 kloter terdiri dari 3 orang sesuai dengan no undian
Peserta bersiap digaris “start”, kemudian setelah peluit ditiup,  para peserta mengambil batok terlebih dahulu yang telah disimpan di titik tertentu. Setelah itu peserta melewati rintangan untuk menuju garis finish. peserta yang lebih dulu sampai digaris finish dinyatakan menang ,peserta akan di hentikan oleh panitia, jika  tumit mengenai tanah/terjatuh sebanyak 2 kali ,dan jika seluruh peserta dalam satu kloter tumit mengenai tanah/terjatuh maka pemenang adalah peserta yang jaraknya paling jauh. Arena perlombaan balap batok lurus, peserta harus melintasi arena masing-masing yang sudah ditentukan dengan 2 balikan  jika keluar garis pembatas arena peserta akan di diskualifikasi. 

B.SISTEM PENILAIAN
ü  Kecepatan ( waktu tercepat )
·         Dengan memperhatikan spotifitas
ü  Skill (kemampuan menguasai permainan)
ü  Busana (pakaian harus nyunda)

C.PERATURAN
ü  Peserta adalah perwakilan dari .........
ü  Peserta wajib mengenakan no urut peserta
ü  Dilarang keras menjaili peserta lain
ü  Peserta harus menjunjung tinggi sportifitas
ü  Peserta memakai pakaian sunda
ü  Dua kali terjatuh / tumit mengenai tanah peserta akan dihentikan.


3.ENGKLE
A.TATA CARA PERMAINAN
Lomba dimulai dengan 1 kloter terdiri dari 2 orang sesuai dengan no undian , peserta melakukan persiapan di garis start, kemudian setelah peluit ditiup peserta melakukan
engkle dengan mengayunkan kaki ,yang mana kaki tersebut membawa genting yang sudah disesuaikan sampai garis finish dan peserta yang menjadi pemenang adalah peserta yang terlebih dahulu melakukan engkle sampai garis finish, jika genting yang berada di punggung kaki tersebut jatuh maka peserta dianggap gugur. Dan apabila seluruh peserta dalam satu kloter  tejatuh maka yang menjadi pemenang adalah peserta yang mencapai jarak paling jauh.

B.SISTEM PENILAIAN
ü  Kecepatan ( waktu tercepat )
·         Dengan memperhatikan spotifitas
ü  Jarak
ü  Busana (pakaian harus nyunda)

C.PERATURAN
ü  Peserta adalah perwakilan dari........
ü  Peserta wajib mengenakan no urut peserta
ü  Dilarang keras mengelurkan kata-kata yang dapat mengganggu jalannya perlombaan
ü  Peserta harus menjunjung tinggi sportifitas
ü  Peserta memakai pakaian sunda





No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages