Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, January 13, 2019

Narablog, Narasumber Hingga Sumber Pengetahuan


Narablog, Narasumber Hingga Sumber Pengetahuan

 Oleh: Risman Nur Haqim

Narablog, Narasumber Hingga Sumber Pengetahuan  

Narablog atau yang lebih kita kenal blogger (dalam bahasa Inggris) dulu tidak pernah terpikir memiliki ketertarikan untuk mempunyai blog yang disunting secara berkelanjutan, semua berawal dari main-main, sebuah blog tercipta, kurang lebih 5 tahun yang lalu saat duduk dibangku SMA membuat blog menjadi pelajaran wajib bagi siswa yang belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi disekolah saya. Blog sederhana tercipta dengan alamat putrajeneng.blogspot.com saat itu hanya karya-karya kelompok belajar dan konten iseng saja yang dipublish di blog tersebut seperti naskah drama, kata-kata mutiara dan kata-kata permintaan maaf saat menjelang lebaran. Belum terpikir untuk membuat konten blog yang menarik dan serius menekuni dunia blog.
Ilustrasi Putrajenengblogspot.com

Ketertarikan pada dunia blog bertambah setelah semua konten yang di publish mendapat sebuah apresiasi, karena di blog kita bisa melihat jumlah pengunjung yang terus-terusan bertambah. Hal tersebut membuat saya bangga karena apa yang kita publish dikunjungi ratusan bahkan ribuan orang waktu itu. Waktu terus berjalan, waktu itu saat masuk dunia perkuliahan saya mempunyai teman yang beragam keahlian hingga saya bertemu seorang teman yang bisa mendesain blog, ketertarikan saya bertambah pada dunia blog waktu itu karena ternyata mempelajari untuk mengubah desain blog itu menyenangkan selain tampilan blog jadi lebih menarik juga membuat pengunjung bertambah.  
Masa perkuliahan terus berjalan, membaca, diskusi, mendapatkan ilmu baru dari kelas maupun organisasi kampus menjadi keseharian. Hasil diskusi yang dilakukan sangat menarik tapi sayangnya, hal tersebut hanya sementara setelah diskusi dari hari kehari hanya berhasil mengulang atau mengingat pengetahuan kita secara personal, publik tidak bisa merasakan mendengarkan bahkan mengetahui informasi dan pengetahuan baru yang menurut saya itu adalah hal yang sangat berguna, apalagi mengingat waktu itu masif doktrin senior dan ormawa (organisasi mahasiswa) tentang fungsi mahasiswa sebagai agent of change, iron stock, dan social control. Sebelum saya memahami lebih jauh tentang pergerakan mahasiswa diluar maupun didalam kampus. Saya menjadi teringat dari fungsi media yang mampu dan sangat mempengaruhi persepsi publik terhadap suatu isu, berita atau informasi lainnya. Fenomena saat itu juga yang terjadi tentang netralitas media yang abu-abu atau mungkin hal ini masih relevan dengan kondisi saat ini. Tapi diluar fenomena tersebut saya menjadi terpikir untuk memaksimalkan hasil diskusi, membaca ataupun pengalaman dan pengetahuan baru saya publish di blog sebagai media pribadi saya, karena saya juga teringat tentang apa yang kita tulis akan abadi, apalagi yang ditulis diblog bisa mudah diakses oleh publik dalam mesin pencarian (Google).
Blog Literasi Rakyat
Menjadi Narasumber Blog

Merasa percaya diri pergerakan melalui blog ini dapat nyata membuat diri secara personal mampu menterjemahkan fungsi mahasiswa sebagai agent of change, dan social control. Maka saat itu saya memaksimalkan blog pribadi saya dengan mempelajari design blog, menulis konten dan lain sebagainya. Maka sejak itu blog pribadi saya putrajeneng.blogspot.com berubah nama menjadi literasirakyat.blogspot.com, diharapkan dengan nama tersebut bisa mempermudah publik mengakses blog yang saya miliki. Selain idealisme saya saat itu untuk memaksimalkan fungsi mahasiswa lewat blog saya. Google adsense dipelajari guna menambah semangat saya mengisi konten diblog yang pada akhirnya membuat saya bangga karena google adsense menerima blog saya untuk dapat dipasangi iklan walaupun tidak sebarapa tapi hal itu membuat saya bangga menjadi narablog yang mana selain apresiasi lewat jumlah pengunjung juga melihat blog seperti halnya website terkenal yang sudah terpasang iklan.
Menjadi Narasumber
Sejak saat itu literasirakyat.blogspot.com menjadi unggul dikalangan teman-teman saya yang memiliki blog karena selain jumlah pengunjung juga blog ini sudah memiliki iklan didalamnya, pada saat itu blog literasirakyat.blogspot.com diterima oleh google adsense sehingga dapat dipasang iklan. Rasa bangga menjadi bertambah pada saat disalahsatu kesempatan di ormawa (organisasi mahasiswa) saya dipercaya untuk menjadi pemateri/ narasumber agar mahasiswa diorganisasi tersebut dapat membuat, mengelola blog dan hingga bisa tembus google adsense. Rasa bangga tersebut menjadi motivasi untuk terus mengembangkan blog.
Blog Literasi Rakyat Diterima Google Adsense
Kawan-kawan yang lain ikut mengapresiasi dengan menyumbangkan tulisan-tulisannya di blog literasirakyat.blogspot.com, motivasi dalam dunia blog bertambah, disaat zaman sekarang dengan munculnya masa revolusi industri 4.0 dimana dalam masa ini penggunaan teknologi ataupun internet digunakan lebih masif dalam 5 aspek hal ini senada dengan infografis yang didapatkan pada website CNN Indonesia, kemudian kemudahan mengakses infomasi yang lebih canggih akan dimanfaatkan. Maka sebelum lebih jauh perkembangan revolusi industri 4.0 ini lebih nyata. Minimal kita berkontribusi memberikan informasi yang baik dan berguna dalam dunia internet melalui blog.
Mengenal Revolusi Industri 4.0 Sumber : (www.cnnindonesia.com) 

                Dibalik potensi-potensi, kemudahan dan keuntungan menjadi narablog atau blogger juga ada beberapa tantangan, diantaranya adalah rendahnya minat baca di indonesia serta tingkat literasi yang kurang di Indonesia dalm situs pingopi berdasarkan Survei Central Connecticut State University in New Britain tingkat literasi Indonesia ada di 60 rangking dunia, kemudian minat baca di Indonesia hanya 3 buku pertahun (dalam setiap 1000 orang hanya ada 1 orang yang memiliki minat baca) sedangkan di negara maju 20 -30 buku pertahun (data statistik UNESCO pada tahun 2012). Hal ini menurut pandangan saya berpengaruh pada blogger karena dimana blogger atau narablog biasanya mengisi konten dengan tulisan yang pada dasarnya harus dibaca sampai tuntas beda halnya dengan youtubers yang saat ini sedang maju bahkan banyak youtubers baru ini dikarenakan minat menonton lebih tinggi dibanding minat baca.
Tingkat Literasi Indonesia  (Sumber: Pingopi.com)
                Demikian beberapa kemudahan, potensi-potensi narablog dalam mengembangkan blognya serta beberapa tantangan yang dihadapi narablog dalam mengembangkan blognya di era digital, khususnya yang saya rasakan saat ini berdasarkan cerita yang telah saya uraikan. Dibalik itu semua saya bangga menjadi narablog di era digital, Saya juga sebagai mahasiswa ataupun nanti dalam dunia kerja harus mampu memberikan informasi positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas juga memungkinkan di masa depan berawal dari blog ini akan menjadi sumber pengetahuan di masa depan, kemudian selain itu jugadi tahun baru dan semangat baru 2019 saya dan blogger atau narablog lainnya harus mampu memberikan konten-konten menarik bermanfaat, kreatif dan inovatif untuk menjawab permasalahan atau tantangan blogger kedepan, Serta selain itu blogger juga harus mampu memunculkan data dan fakta dalam konten blogger yang memuat informasi penting agar mampu menghadapi permasalahan hoax saat ini. harapan lebih konkret di tahun ini semoga blog pribadi saya ini dapat mengubah domain dari blogspot.com menjadi .com dan diharapkan bisa lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. 
  


8 comments:

  1. semangat terus untuk berkarya lewat blog ya kakaak...

    ReplyDelete
  2. Mengasyikkan bangeeettt bisa berkecimpung di dunia blogger
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Iyah kak jadi blogger itu seru dan banyak manfaatnya, siap kak...

    ReplyDelete
  4. smg semakin kreatif, inovatif, dan inspiratif yah kak :)

    ReplyDelete
  5. Dengan minimal deposit 10.000, kalian bisa mencoba keberuntungannya bersama dengan kami
    segera add pin bb kami D87604A1, ditunggu ya di D3W4PK**

    ReplyDelete
  6. Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di D*E*W*A*P*K agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages