Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday, February 22, 2018

BATAS DARI LOYALITAS



Menurut KBBI, pengertian loyalitas adalah kepatuhan atau kesetiaan, dan organisasi merupakan suatu wadah tempat sekumpulan orang berkumpul untuk mencapai tujuan bersama. Loyalitas dan organisasi sangatlah berhubungan erat. Dalam suatu organisasi terdapat pemimpin dan anggota yang jelas-jelas harus memilliki rasa kepatuhan atau kesetiaan baik terhadap organisasi, aturan organisasi, pimpinan organisasi dan sesama anggota organisasi.


Kepatuhan atau kesetiaan seorang anggota terhadap organisasi dapat dilihat dari intensitas keberadaannya terhadap organisasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada dasarnya loyalitas itu tumbuh berdasarkan perhitungan logis dan perasaan. Ada orang yang setia karena dia tak punya alasan dan tentu sebenarnya ada alasan yaitu rasa nyaman, baik terhadap organisasi, pemimpin, anggota maupun suasana organisasi yang tercipta namun kenyamanan itu sulit terdefinisi.
Tapi ada sebagian yang merasa bahwa loyalitas itu tumbuh dari perhitungan logis yang bisa diterjemahkan, yaitu dari konsep kepatuhan terhadap aturan dan kebijakan yang telah disepakati bersama melalui konsep musyawarah atau konsep lain yang menyangkut keputusan bersama yang telah disepakati. Maka dari itu perhitungan atau konsep loyalitas seperti ini tentu terlihat jelas ketika mengalami penurunan, yaitu adanya pengingkaran atas aturan atau kebijakan yang telah disepakati bersama. Dengan demikian orang tak loyal lagi atau tak setia dan patuh lagi karena ada kesepakatan yang diingkari.
Konsep yang pertama itu tidak akan terlihat ketika mengalami penurunan karena konsep kesetiaan, kepatuhan atau loyalitas yang dimaksud berkaitan langsung dengan perasaan yang sulit dideskripsikan. Seperti halnya perasaan cinta yang katanya kadang tak ada logika, karena keberadaanya membuat kenyamanan dan rasa memiliki yang tinggi mengalahkan pemikiran atau perhitungan yang rasional.
Ada yang pernah menjelaskan bahwa tanda seseorang “benar-benar menyayangi” (perasaan) itu dia tak punya alasan kenapa ia menyayangi objek yang ia maksud. Tapi jika ia masih bisa menyayangi objek karena alasan, katakanlah seorang laki-laki menyayangi wanita karena cantiknya ini belum masuk pada konsep “benar-benar sayang” karena sayangnya akan habis dengan logika jika wanita yang ia cintai tak cantik lagi berarti rasa sayangnya akan hilang. Begitu pula ketika berbicara masalah pengorbanan, seseorang yang benar-benar menyayangi tidak akan mengatakan semua yang ia lakukan untuk memenuhi rasa sayangnya itu adalah pengorbanan karena dia merasa tulus. Lain halnya dengan yang mengatakan segala perlakuan untuk memenuhi rasa sayangnya itu adalah pengorbanan, dia belum benar-benar menyayangi karena pada dasarnya ia masih terbebani dan ada korban dan yang dikorbankan atas perlakuannya untuk memenuhi rasa sayang. Hal ini berlaku juga pada konsep cinta.
Itu hanya ungkapan perasaan dari beberapa orang, terlepas dari ungkapan itu benar atau salah tapi intinya adalah ada dua bentuk yang mendefinisikan loyalitas yaitu secara rasional dan perasaan. Sebenarnya konsep loyalitas itu pertama kesetiaan atau kepatuhan terhadap organisasi (keputusan pribadi karena memilih organisasi yang dimasud), aturan organisasi (keputusan bersama), pimpinan organisasi (keputusan bersama) dan sesama anggota organisasi (konsekuensi logis dari organisasi) yang sebetulnya hal ini secara berkelanjutan akan menjadi rasa nyaman yang tak terdefinisikan, hingga pada akhirnya ada misi atau tujuan bersama yang telah disepakati dalam organisasi yang mengikat diri pada organisasi. Kesemua itu akan berjalan dengan rasa patuh dan setia yang tinggi mengingat ada tujuan bersama maka saat itulah tak ada alasan untuk ingkar dan semua konsep pengorbanan akan hilang hingga merasa tak ada yang jadi korban dan dikorbankan.
Itulah loyalitas yang sebenarnya bericara tentang ketulusan dan keikhlasan..


Sumber Gambar : Kompasiana


1 comment:

  1. ayo ditunggu apa lagi segera bergabung dengan kami di D/E/W/A/P/K
    menangkan uang jutaan rupiah, dengan minimal deposit 10.000 saja looo.
    ayo segera bergabung ya ditunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages