Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, December 3, 2018

WAKANDA ITU NYATA



Terinspirasi dari film black panther yang latar tempatnya diambil di wakanda suatu tempat di daerah utara Afrika. Tampak terlihat dari luar, angka kemiskinan yang masih ada kemudian terlihat latar tempat yang dihuni oleh para penggembala jauh dari teknologi, tapi di dalamnya, melewati semua itu ternyata Wakanda adalah wilayah maju baik dari teknologi maupun sumber daya manusianya. Dengan modal utama kekayaan alam yaitu Vibranium yang dapat mempengaruhi kekayaan dan kemajuan teknologi di daerah Wakanda.
WAKANDA ini sebenarnya sebutan menurut saya saja, akronim dari (Warga Karedok Nda Ada Dua). Karedok adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang, Memang Secara History Desa Karedok ini pernah masuk daerah administrasi Kecamatan Tomo namun sekarang Desa Karedok ini berada di Kecamatan Jatigede. Daerah Jatigede ini memang sekarang sedang terkenal karena telah diresmikannya bendungan Jatigede dan secara geografis Desa Karedok Ini berada di depan pintu keluar air bendungan Jatigede namun terhalang oleh Gunung Pareugreug.
Letaknya yang memang berada di depan pintu keluar air bendungan Jatigede yang otomatis Desa Karedok ini berada di Daerah sungai Cimanuk yang menjadi sumber air bendungan Jatigede. Karena desa Karedok ini berada di daerah aliran sungai Cimanuk secara geografis letak desa karedok memanjang disekitar sungai Cimanuk. Akses menuju desa ini pun harus ditempuh dengan melewati jembatan gantung yang hanya bisa dilalui kendaraan bermotor roda dua. Terkesan pelosok memang apabila mendengar akses menuju desa karedok ini harus melalui jembatan gantung selain itu desa ini memang desa paling ujung setelah melewati desa karedok tak ada lagi desa dan tak ada lagi akses jalan kendaraan bermotor diujung desa ini.
Terlepas dari itu semua, seperti halnya wakanda yang terlihat seperti wilayah miskin dan jauh dari kemajuan teknologi. Karedok pun hampir sama demikian walaupun wakanda memang terlalu fiktif namun ini hanya perumpamaan saja. Di desa ini yang terkesan pelosok jauh dari kemajuan teknologi, masyarakat desa karedok ini bisa di katakan desa yang maju, melalui pengelolaan dan kerjasama atau gotong royong masyarakat yang dilaksanakan di desa dengan baik. Pembangunan yang dilakukan besar-besaran di desa ini mulai dari pembangunan lapang voli, bangunan desa, irigasi persawahan, tugu, bahkan jembatan yang hanya masuk motor akan diganti dengan jembatan yang masuk mobil.
Pembangunan yang dilakukan merupakan optimalisasi dari penggunaaan dana desa namun selain itu ada kekuatan yang mungkin tidak dimiliki atau mulai luntur di desa lain. Kekuatan tersebut adalah gotong royong yang menjadi modal utama desa ini melakukan pembangunan karena semua bidang yang sedang dilakukan pembangunan merupakan hasil tenaga swadaya masyarakat yang bergotong royong memiliki tekad yang sama dalam membangun desa. Selain itu desa ini merupakan penghasil beras dengan kualitas baik, terkenal beras karedok yang pulen dan enak menjadikan beras karedok ini memiliki harga tinggi dipasaran. selain itu hasil bumi lain juga memiliki kuallitas yang tak kalah saing dengan hasil bumi daerah lain.
Desa Karedok yang merupakan desa penghasil beras berkualias baik, juga merupakan desa yang memproduksi makanan opak yaitu makanan khas sunda yang berbahan dasar beras yang memiliki rasa khas yang enak ketika dibandingkan dengan produksi opak daerah lain. Dalam bidang pemasaran memang desa karedok ini nampaknya merupakan desa yang memilki potensi besar memasarkan makanan khas atau produksi khas daerah desa di tempat wisata, karena saat ini selain dengan adanya jatigede atau bendungan yang berdekatan dengan Karedok. Akan ada bedungan sekunder di Desa karedok yang letak nya memang ada di desa ini, mungkin kedepan desa ini berpotensi menjadi desa wisata.
Dari potensi yang dimiliki desa karedok ini sebenarnya ada beberapa kekhawatiran warga desa karedok, yang memang desa karedok ini merupakan desa zona merah bendungan Jatigede, karena letaknya berada tepat didepan bendungan Jatigede. Terlepas dari itu semua semangat pembangunan dan kemajuan yang dilakukan warga desa ini sangat terasa. Dibalik pembangunan dan usaha terus memajukan desa karedok ini termasuk mempermudah akses masuk kedesa, ada nilai-nilai yang warga karedok tetap jaga yaitu kearifan lokal yang ada disana dibalik pembangunan yang terus berjalan, kearifan lokal yang mereka miliki tetap dijaga dan dilestarikan.
Dari berbagai pengaruh dan tantangan kedepan yang akan lebih mudah masuk dengan akses masuk desa yang lebih mudah, Semoga baik pemerintah, warga desa dan seluruh pihak yang datang ke desa tersebut mampu menjawab tantangan serta mampu menjaga nilai-nilai yang ada didesa tersebut.     


Rangka Panggung Persiapan Ngarot
Kantor Desa Karedok (1)


Kantor Desa Karedok (2)


Akses Jembatan Gantung Menuju Desa Karedok


Sungai Cimanuk



Bumi Perkemahan Parakankondang (Jalan Menuju Desa Karedok)


Jalan Menuju Desa Karedok




Tugu H. Endang Sukandar


1 comment:

  1. ayo bergabung dengan kami di dewapk^^ diadd ya pin bb kami D87604A1

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages