Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, August 1, 2017

Bukit Pangangonan/leweung Tiis



Bukit Pangangonan/leweung Tiis
Dsn. Babakan Randu



Bukit Pangangonan/ leweung Tiis Ini berada di Dusun Babakan Randu Desa Trunamanggala Kec. Cimalaka, dari pemukiman warga kurang lebih kita hanya perlu waktu 15-20 menit berjalan kaki menuju puncak bukit. Memang bukit ini bukan objek wisata, oleh warga sekitar dibukit ini dipakai untuk berbagai macam kegiatan pertanian diantaranya pertanian kacang-kacangan.

Bukit ini kini tidak seperti dulu karena masyarakat sekitar mulai menanam kopi di daerah bukit ini. Penanaman baru di mulai baru-baru ini sehingga kita tidak dapat melihat pohon kopi yang besar melainkan kopi-kopi yang baru ditanam banyak kita jumpai disana. Selain itu pohon randu (Pohon Kapuk) dapat kita jumpai sesuai nama daerahnya yaitu Babakan Randu, memang dulunya daerah ini banyak ditumbuhi pohon randu (Pohon Kapuk) tapi sekarang hanya beberapa pohon yang kita bisa temukan.

Diketinggian puncak bukit pangangonan/leweung tiis ini kita bisa melihat keindahan Kabupaten Sumedang, beberapa daerah yang terlihat dari ketinggian bukit ini diantaranya adalah Tanjungkerta, Sumedang Kota, Cimalaka, Pasir Malaka dan lain-lain. Selain itu dari sini beberapa gunung terlihat jelas yaitu : Gunung buleud, Gunung Datar, Gunung Manglayang, Gunung Kacapi, Gunung Tampomas dan lain-lain. 
Bukit Pangangonan / leweung Tiis ini merupakan salah satu bukit yang dulunya digunakan untuk menggembala (ngangon) oleh masyarakat sekitar maka dari itu tempat ini disebut juga pangangonan. Akses menuju bukit ini bisa diakses melalui jalur Bojong (perempatan dari arah alam sari  belok kanan) arah Tanjungkerta. Lalu dari Perum Asabri bisa menanyakan ke masyarakat daerah Dusun Babakan Randu, atau bisa lewat jalur ciulur Cimalaka

Sumber :

2 comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages