Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday, May 30, 2018

Konservasi Dengan Rasa Takut





Konservasi dengan rasa takut? Apa hubungannya konservasi dan Rasa Takut? Tulisan ini terinspirasi saat saya dan kawan-kawan dari MAPACH (Mahasiswa Pecinta Alam Civics Hukum) Mengadakan Ekspedisi ke Gunung Arjuno Kab. Pasuruan Prov. Jawa Timur. Saat itu kami memilih Gunung Arjuno sebagai tujuan ekspedisi. Kami memulai perjalanan menuju puncak melalui jalur Via Purwosari hal ini dilakukan karena jalur Purwosari memiliki banyak situ-situs peninggalan masa pra sejarah yang menurut beberapa referensi merupakan peninggalan zaman dahulu bahkan sebelum kerajaan Majapahit ada.  
Sebelum lebih jauh membahas hubungan antara Konservasi dengan rasa takut kita bahas dulu apa itu konservasi. Konservasi adalah pelestarian atau perlindungan. Secara harfiah, konservasi berasal dari bahasa Inggris, (Inggris) Conservation yang artinya pelestarian atau perlindungan. (Menurut Wikipedia ), Sedangkan Rasa takut adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya (Menurut Wikipedia).
Saya akan membahas hubungan antara rasa takut ketika mendaki Gunung dengan konsep konservasi, Keindahan alam bukan semata-mata berfungsi sebagai nilai estetis tentang keindahan yang enak dipandang mata, melainkan lebih jauh dari itu alam memiliki fungsi lain dalam kehidupan, yaitu memberikan manfaat bagi makhluk hidup lain. Keberadaan alam untuk menjaga keseimbangan makhluk hidup, maka makhluk hidup yang hidup dengan bergantung pada alam harus dan wajib menjaga, melestarikan bahkan melindungi alam dari kerusakan, baik yang ditimbulkan manusia atau rusak secara alami.
Timbulnya fenomena kerusakan alam yang dilakukan oleh manusia diantaranya adalah fenomena vandalisme yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dihutan atau gunung baik di batu, pepohonan, dan lain sebagainya, perburuan pada binatang-binatang yang dilindugi karena keberadaanya yang langka dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi dengan menjual binatang-binatang hasil buruan dengan harga yang mahal, Pembebasan lahan dengan cara membakar hutan hanya untuk kepentingan individu dengan tidak disadari ataupun disadari hal itu tidak dibenarkan karena merusak ekosistem. Membuang sampah sembarangan digunung dan dihutan yang selain merusak nilai estetika alam juga hal ini merusak kelestarian alam diantaranya adalah mengganggu atau merusak kesuburan tanah apalagi sampah plastik yang sulit terurai.
Diatas merupakan beberapa contoh perilaku-perilaku merusak lingkungan yang sering kita temui. Bahkan secara disadari atau tidak hal itu pernah kita lakukan. Konsep konservasi untuk melindungi dan menjaga alam secara tradisional biasanya banyak terjadi pada masyarakat dibawah kaki gunung atau masyarakat yang memang secara lokasi berdekatan dengan kondisi alam yang masih alami (belum banyak terjamah manusia).
Pemanfaatan alam secara tradisional masih sering dilakukan karena selain belum masuknya teknologi untuk memanfaatkan alam juga biasanya masyarakat kaki gunung atau masyarakat asli yang berdekatan dengan sumber daya alam yang melimpah tidak mau memanfaatkan teknologi karena ditakutkan teknologi yang dipakai dapat mencemari dan merusak lingkungan. Rasa ketakutan akan rusaknya lingkungan atau kelestarian alam oleh masyarakat pedesaan kaki gunung misalnya muncul karena masyarakat pedesaan kaki gunung untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya seperti kebutuhan sandang, pangan dan papan hanya dengan memanfaatkan alam. Rusaknya ekosistem hutan dan gunung menjadi kecemasan karena akan terganggu pula kebutuhan mereka untuk memenuhi kehidupannya.
 Selain itu dimasyarakat kaki gunung masih banyak berkembang ajaran-ajaran peninggalan dari leluhur-leluhurnya untuk memuliakan alam. Timbul banyak kepercayaan yang berkembang dimasyarakat sebagai konsekuensinya apabila tidak menjaga kelestarian alam, biasanya akibat yang ditimbulkan tidak bisa dijelaskan secara rasional karena berhubungan dengan hal-hal gaib. Namun hal-hal ini dianggap mitos oleh orang-orang diluar daerah pedesaan kaki gunung atau pengunjung yang datang.
            Sebenarnya hal ini memang kembali lagi kepada sikap kita mempercayainya atau menyikapinya. Namun secara rasional hal-hal yang tidak masuk logika sebenarnya bisa dijelaskan dengan menganalisis sebab akibat yang ditimbulkannya. Saya terimgat kepada cerita Presiden Pertama kita yaitu Soekarno saat diasingkan ke Ende. Diasingkannya Soekarno di Ende pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi sebuah kisah yang menarik karena di tempat inilah Soekarno mendapatkan Inspirasi tentang Pancasila, yang konon katanya Soekarno memikirkan dasar negara kita dibawah pohon sukun yang besar dan sampai saat ini keberadaan pohon itu masih ada.
            Selain dari itu saya melihat cerita menarik lain ketika Soekarno di asingkan di Ende yaitu tentang Gunung Kelimutu yang pada saat itu masih jarang dan bahkan sedikit orang yang mendaki ke Gunung tersebut. Menurut cerita warga lokal disana memang banyak arwah-arwah digunung tersebut dan gunung tersebut sangat terkenal dengan cerita-cerita mistisnya. Soekarno pada saat itu mengetahui hal itu tapi tetap penasaran dengan Gunung tersebut. Setelah Soekarno pergi ke gunung Kelimutu beliau melihat pemandangan luar biasa indah di Gunung Kelimutu tersebut karena adanya danau Kelimutu atau danau tiga warna yang ia lihat bahkan hanya sedikit orang tahu tentang keberadaan danau Kelimutu saat itu. Memang kepercayaan warga di bawah kaki gunung dan banyaknya cerita-cerita mistis yang berkembang membuat banyak warga takut dan enggan mendaki gunung Kelimutu, tapi memang di balik itu ada pemandangan Indah di Gunung tersebut yang harus dilindungi dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Memang dengan banyaknya cerita-cerita mistis yang berkembang, danau dan Gunung tersebut menjadi terjaga kelestariannya termasuk keindahan danau Kelimutu yang terjaga saat itu.
            Rasa takut yang dimiliki orang-orang setelah mendengar cerita-cerita mistis di Suatu daerah biasanya membuat orang enggan atau tidak mau melakukan hal-hal yang berhubungan dengan hal-hal mistis tersebut seperti contoh tadi warga lokal pun enggan pergi ke Puncak Gunung karena takut berhubungan dengan hal-hal mistis. Adapun mereka yang berani adalah orang-orang yang berniat baik memanfaatkan alam serta pergi ke gunung untuk merawatnya.
            Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Adanya hal-hal mistis ini dianggap sebagai ancaman bahaya yang akan mengganggu seseorang.
            Hal ini harus dipahami dari berbagai perspektif, munculnya rasa takut dari rusaknya alam akan membuat seseorang tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga ia akan menjaga bahkan melestarikan alam disekitarnya agar kebutuhannya tetap terpenuhi. Ada juga orang yang takut karena hal-hal gaib karena cerita-cerita mistis yang berkembang akan membuat seseorang untuk berhati-hati dan menjaga sikap ketika berada di alam atau bahkan tak mau pergi kealam karena rasa takut yang tinggi.
            Tapi perlu dipahami hal-hal tersebut muncul bukan untuk menakut-nakuti namun hal ini muncul untuk menjaga nilai-nilai kelestarian. Ketika ada cerita mistis yang berkembang kita harusnya mencari nilai lain yang sebenarnya memiliki maksud yang sama dengan cerita mistis tersebut. Bukan berarti juga kita tidak boleh percaya dengan hal-hal mistis atau gaib namun yang harus kita lakukan cerita-cerita itu bisa jadi referensi dalam melakukan segala tindakan dialam bebas yang selalu menimbulkan rasa hati-hati dan sikap selalu siap menghadapi segala konsekuensi yang ditimbulkan dari perilaku yang dilakukan dialam bebas.

1 comment:

  1. ayo ditunggu apa lagi segera bergabung dengan kami di D/E/W/A/P/K
    menangkan uang jutaan rupiah, dengan minimal deposit 10.000 saja looo.
    ayo segera bergabung ya ditunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages