Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, December 25, 2018

MATA AIR CIKANDUNG BUKAN HANYA TEMPAT WISATA TAPI JUGA HARUS DIJAGA






Mata air Cikandung ini berada di Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka kabupaten Sumedang. Hal yang jarang kita nikmati di perkotaan yang pelik dengan hiruk pikuk polusi kendaraan selain itu jarang bahkan susah kita temui sumber air yang jernih. Di Sumedang ini masih banyak sumber mata air jernih yang bisa kita jumpai. Bahkan untuk masuk kelokasi ini pun gratis tapi bagi anda yang akan ke tempat ini dengan kendaraan mobil atau motor tentunya anda harus bayar parkir.
Sebelumnya saya sudah bahas artikel mengenai akses menuju mata air cikandung ini di blog saya Petualang Literat hanya di kesempatan kali ini saya akan menambahkan sedikit mengenai pentingnya menjaga mata air khusunya mata air Cikandung, Sebelum membahas pentingnya menjaga mata air cikandung saya akan jelaskan terlebih dahulu akses menuju lokasi.
 Untuk akses ke lokasi sangatlah mudah, ada dua akses menuju objek wisata mata air Cikandung. Pertama anda bisa lewat jalan Cimalaka yang menuju Yonif  301. Saat melewati jalan Cimalaka menuju yonif 301 ada pertigaan palasah dari pertigaan tersebut anda belok kiri kemudian lurus saja ikuti jalur kemudian nanti disebelah kiri ada gapura tulisan Cikandung lalu ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke tujuan yaitu ke objek wisata mata air Cikandung.
            Rute yang kedua anda bisa lewat Bojong tapi memang lewat rute ini sangat jauh tapi ini mungkinn dekat bagi sobat pelita yang lokasi rumahnya dekat dengan rute yang kami sebutkan. Anda lewat jalan bojong kemudian saat anda menemukan indomaret disebelah kiri ada pertigaan lalu belok kanan, kemudian anda lurus ikuti jalur lalu ada pertigaan belok kiri ke arah Ciulur saat ada pertigaan lagi jangan kegapura arah ciulur tapi belok kanan kearah Cikandung. Setelah itu anda terus ikuti jalan tersebut hingga nanti ada gapura cikandung di sebelah kiri. Lokasi Untuk Lebih Jelasnya Juga Bisa Akses Lewat Google Maps
            Saat anda masuk ke kawasan objek wisata mata air Cikandung tersebut anda tidak perlu bayar tiket hanya bayar parkir saja. Disana juga tersedia tempat parkir baik untuk kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Selain itu disana banyak warung-warung apabila anda setelah berenang atau menikmati keindahan mata air Cikandung anda bisa membeli makanan dan minuman disekitar objek wisata tersebut.
            Yang sangat harus diperhatikan adalah kebersihan disana yang harus dijaga, jangan pernah tinggalkan sampah disana mengingat beberapa waktu lalu kami lihat mulai banyak sampah yang berserakan di mata air Cikandung tersebut. Saya menjadi teringat Slogan dari DLH Jawa Barat, Kita Jaga Alam Alam Jaga Kita. Slogan ini mengingatkan bahwa ketika mejaga kelestarian, Alam juga akan bersahabat dengan kita minimalnya bencanya yang ditimbulkan oleh sikap kurang baik manusia tidak akan terjadi.


            Mata air Cikandung ini sekarang menjadi objek wisata walaupun belum dikelola dengan baik tapi hal ini harus menjadi perhatian mengingat ada saja pengunjung yang kurang bertanggungjawab dengan membuang sampah sebarangan padahal kejernihan air mata air Cikandung ini sangat luar biasa sehingga kita bisa melihat dengan jelas dasar air yang di dimonasi bebatuan dan tanah, tapi pemandangan itu jadi rusak dengan adanya sampah didasar air.
            Kesegaran air juga masih terasa walaupun saya belum tahu mata air cikandung ini dipakai untuk minum atau tidak karena saya masih melihat dibeberpa titik mata air cikandung ini diapaki oleh warga setempat untuk mencuci pakaian. Yang jelas apapun peruntukannya mata air Cikandung ini harus tetap kita jaga atau anak cucu anda tidak dapat menikmati keindahan alam yang sekarang anda nikmati. Terimakasih !
Salam Lestari !
  


2 comments:

  1. Dengan minimal deposit 10.000, kalian bisa mencoba keberuntungannya bersama dengan kami
    segera add pin bb kami D87604A1, ditunggu ya di D3W4PK**

    ReplyDelete
  2. Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di D*E*W*A*P*K agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages