Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, December 11, 2018

Revitalisasi Fungsi Ruang Publik Sebagai Sarana Demokrasi Kota Menuju Smart City (Taman Asrada dan Taman Literasi Budaya)




Oleh: Risman Nur Haqim



Ruang publik dinegara demokrasi seperti negara kita merupakan suatu hal yang penting, pergeseran fungsi ruang publik yang harusnya dimanfaatkan sebagai tempat berdiskusi atau menyampaikan argumentasi tentang aspirasi politik warganegara terhadap negara atau pemerintahan yang sah kini bergeser kepada hiburan semata. Warganegara memanfaatkan ruang publik sebagai tempat rekreasi semata tanpa ada interaksi antar warganegara. Taman, Caffe atau Ruang Publik lainnya yang disediakan pemerintah daerah menjadi sarana rekreasi masyarakat tanpa ada interaksi dan diskusi tentang kondisi demokrasi disuatu daerah. Munculnya teknologi seperti halnya  handphone menjadi pemicu sikap-sikap Individual muncul dimasyarakat hingga masyarakat enggan untuk berinteraksi.
Tantangan zaman semakin sulit terutama dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat masyarakat ataupun pemerintah harus mampu menjawab tantangan yang ada termasuk dengan gencarnya konsep Smart City dalam suatu kota ini dikenalkan atau bahkan diterapkan dalam suatu daerah. Fase pertama yang harus dibangun kota-kota dinegara demokrasi seperti Indonesia dalam mempersiapkan diri menuju smart city adalah partispasi warganegara dalam pengambilan kebijakan atau sebagai kontrol sosial harus berjalan dengan baik. Taman Asrada dan Taman Literasi Budaya muncul sebagai usul saya untuk menciptakan sebuah smart city yang dapat meningkatkan peran warganegara lebih jelas perannya dalam negara demokrasi.
Taman Asrada (Aspirasi Rakyat Daerah) adalah sebuah konsep taman yang mampu menjawab permasalahan bagaimana ruang publik pada saat ini yang kehilangan fungsinyna sebagai tempat berdiskusi atau menyampaikan argumentasi tentang aspirasi politik warganegara terhadap negara atau pemerintahan yang sah. Taman ini memanfaat teknologi yaitu sebuah aplikasi yang dipasang dipendopo-pendopo yang ada ditaman, aplikasi yang dipasang pada monitor besar ini mampu menampung aspirasi-aspirasi rakyat daerah untuk menyampaikannya lewat aplikasi. Tujuannya disimpan di pendopo taman agar masyarakat tidak merasa canggung ketika memakai fasilitas yang ada diruang publik. Aplikasi penyalur aspirasi ini langsung terhubung pada lembaga Legislatif dan Eksekutif daerah. Aspirasi bisa berupa pertanyaan dan keluhan pelayanan publik yang nantinya hal itu akan disampaikan pada Pejabat eksekutif dan legislatif oleh staff yang bersangkutan melalui aplikasi yang terhubung langsung.
Taman ini juga berfungsi sebagaimana para wakil rakyat yang ada di legislatif maupun eksekutif dapat datang untuk mengklarifkasi sekaligus menjawab pertanyaan dan menemui konstituennya di daerah. Karena konsepnya kedaulatan ada ditangan rakyat, wakil rakyat menjadi bagian dari rakyat dan tidak pernah lupa dan melupakan konstituennya didaerah pemilihannya, bukan rakyat yang mencari, tapi wakil rakyat yang menemui rakyatnya disebuah pendopo yang disediakan di taman Asrada ini. Bukan hanya pada masa reses atau kampanye wakil rakyat menemui rakyat tapi saat berjalannya pemerintahan wakil rakyat dan pemerintah harus menemui rakyatnya. Selain adanya beberapa pendopo kecil untuk disimpan layar monitor lumayan besar untuk mengoprasikan aplikasi juga disini ada informasi lewat layar monitor maupun poster informatif yang memuat kewenangan pemerintah daerah baik eksekutif maupun legislatif  sehingga masyarakat mampu mempelajari terlebih dahulu kewenangan pemerintah daerah sebelum mengkritik, menyampaikan keluhan juga menyampaikan aspirasi lainya. Kedepannya apabila pemerintah tidak bisa menemui rakyatnya dipendopo-pendopo ini pemerintah tinggal mengirimkakn ataupun mengunggah video klarifkasi untuk menjawab pertanyaan ataupun klarifikaksi atas kritik atau saran yang disampaikan pada pemerintah ditaman asrada ini. Hal ini akan memudahkan aspirasi masyarakat tersampaikan kepada pemerintah, selain itu akan timbul keterbukaan informasi publik oleh seluruh masyarakat baik yang mempunyai akses media atau pun tidak punya karena yang masyarakat yang tidak mempunyai fasilitas untuk mengakses media sosial atau media informasi dirumah, dapat mengaksesnya ditaman ini.
Taman Asrada ini sebenarnya konsep yang menyatu dengan taman literasi budaya yang mana selain ada pendopo-pendopo yang terdapat layar monitor juga ada pendopo yang kosong dan terdapat beberapa rak buku dan poster poster informatif mengenai budaya daerah. Pendopo kosong dengan dilengkapi rak buku ini berfungsi sebagai fasilitas dimana masyarakat bisa membaca dan melakukan diskusi-diskusi rasional tentang kondisi pemerintahan maupun kondisi budaya kita saat ini. Taman literasi budaya ini selain berfungsi untuk memperkenalkan budaya daerah lewat ruang publik yang bisa diakses kapan saja juga untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat.
Konsep taman Asrada (Aspirasi Rakyat Daerah) yang menyatu dengan taman literasi budaya ini akan saling menguntungkan karena dmapaknya dari masyarakat berkumpul di taman ini. Maka pedagang akan berdatangan hal ini tentunya juga akan menjadi peluang usah yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Dengan demikian taman Asrada (Aspirasi Rakyat Daerah) dan Taman Literasi Budaya yang berbasis teknologi ini menghasilkan banyak manfaat terutama dalam hal patisipasi politik masyarakat, keterbukaan infomasi publik dan kemudahan mengakses teknologi bagi masyarakat. Tentunya yang diharapkan untuk mempersiapkan kota menjadi smart city yang lebih maju, harus mempersiapkan terlebih dahulu good citizen dan smart citizen.


#Menuju100SmartCity
#LombaBlogSmartCity2018

2 comments:

  1. Dengan minimal deposit 10.000, kalian bisa mencoba keberuntungannya bersama dengan kami
    segera add pin bb kami D87604A1, ditunggu ya di D3W4PK**

    ReplyDelete
  2. dicoba keberuntungannya bersama kami, menangkan uang jutaan rupiah, hanya dengan minimal deposit 10.000
    yuk bergabung segera dengan kami di dewapk^^ segera di add pin bb kami D87604A1 :* :*

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages