Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, March 5, 2019

Efektivitas Debat Dalam Menarik Suara Politik

Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS UPI
Dokumentasi Pribadi Penulis


Debat merupakan pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing; menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Alur pemilihan umum salah satunya adalah debat. Dalam pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden 2019 diselenggarakan nya debat publik, upaya pihak komisi pemilihan umum memberikan kesempatan bagi para calon Presiden dan Wakil Presiden menyampaikan pendapat, gagasan dan idenya masing-masing dalam memajukan Indonesia. Dalam alurnya, debat publik akan dilaksanakan sebanyak hampir empat hingga lima kali. Hal ini dapat menjadi bahan kritik masyarakat akan pentingnya kesadaran ucapan, perilaku dan kesesuaian janji para calon Presiden dan Wakil Presiden untuk kebaikan Indonesia kedepan nya.
Masyarakat Politik
Dalam pengertiannya masyarakat politik merupakan orang-orang yang sadar akan politik dan ikut terlibat dalam bentuk demokrasi yang ada di negara dan menjadi sebuah kepentingan. Masyarakat politik melihat diselenggarakannya debat merupakan salah satu ajang menunjukan pendapat, ide, gagasan terhadap negaranya ke arah yang lebih baik. Namun, dalam pandangan lain debat dikatakan sebagai upaya dalam menarik suara politik terhadap salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden.
Segala upaya cerdik politik di lakukan demi meraih pundi-pundi suara dukungan terhadap pasangan calon. Tidak menjadi masalah apabila yang dilakukan seorang pendukung pasangan calon atau masyarakat politik itu berlomba-lomba menarik hati pemilik suara. Karena sudah menjadi hal yang wajar apabila terjadi saling beradu gagasan demi mendapatkan pemilik suara politik yang hanya untuk kepentingan Indonesia di segala bentuk dan segalanya.
Realita
Debat publik pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang sudah dilaksanakan sebanyak dua kali mengundang banyak cerita. Ironinya debat yang dilakukan hingga saat ini mengarah ke arah saling lempar peluru, saling tembak-menembak untuk hal yang tidak seharusnya dilakukan. Mereka terlihat saling ingin mencelakai pasangan calon dengan hal-hal yang kurang cerdas dan mendidik. Membuat bahan cemoohan masyarakat luas karena tingkah laku nya yang berada di depan publik dan dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Semenjak terlaksananya debat publik 2019 banyak sekali ujaran kebencian, saling menyerang antar kubu. Saling menyerang antar pendukung pasangan calon yang mengakibatkan timbulnya beberapa masalah sosial di masyarakat, seperti: hoax menyebar dimana-mana, untuk saling menjatuhkan salah satu pihak, low trust rendahnya kepercayaan publik terhadap pemerintah, ujaran kebencian dari salah satu pihak ke pihak lainnya dan tindakan kriminal karena saling fanatismenya seseorang terhadap suatu yang didukungnya.
Namun yang sangat di sayangkan bahwa debat dijadikan sebagai barometer untuk kelayakan para calon pemimpin negeri. Jika dihitung hari dari awal debat publik pertama hingga akhir, debat dilakukan dengan waktu kurang lebih 100 hari. Hal yang tidak sangat disarankan memilih pemimpin dengan melihat dari kurun waktu hanya 100 hari pada debat publik. Tidak seimbang dengan waktu yang sangat pendek itu untuk menentukan suatu pemimpin bagi negara nya untuk lima tahun ke depan.
Harapan
Debat bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia, menjadi keseharian masyarakat Indonesia yang memiliki beragam pendapat dan ide yang berbeda-beda. Hal ini menjadi nilai yang lebih bagi negara Indonesia. Namun, hal ini juga perlu ada nya kontrol dari pihak yang menjadi penengah di banyaknya pendapat-pendapat masyarakat. Etika dan moral menjadi nomor satu yang harus ditanamkan oleh pemerintah kepada masyarakat luas. Pemerintah merupakan salah satu tokoh yang dihormati para masyarakat luas. Mengingat dari slogan negara Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, Berbeda-beda tapi tetap satu tujuan. Hal ini menjadi dasar bahwa selayaknya pemerintah, seorang tokoh bangsa, menjadi para teladan bagi masyarakatnya sendiri untuk kepentingan negara dan masyarakat Indonesia.
Pemerintah harus bisa mengubah main set masyarakat Indonesia, bahwa debat merupakan salah satu bentuk wadah bertukar pendapat, gagasan dan ide yang mereka miliki untuk kebaikan Indonesia ke depannya. Debat merupakan salah satu bentuk pendidikan pencerdasan bagi warga negara terhadap calon pemimpin negeri dengan kelayakan bagi masyarakat umum itu sendiri dan kebaikan Indonesia yang lebih diatas kepentingan politiknya dan pribadinya. Para elit politik sudah seharusnya memberikan contoh yang baik bagi masyarakat. Dalam debat publik elit politik hadir untuk saling mendukung pasangan calon yang di usungnya. Namun, bukan hanya hal itu yang dapat dilakukan oleh elit politik. Mereka berkewajiban menjalankan fungsi dan peran politik itu sebagai sarana pendidikan politik. Yang tidak lebih dan tidak bukan maksud dari ada nya debat publik adalah untuk berlomba-lomba menarik suara politik masyarakat.
Apabila di uraikan dalam beberapa point, titik yang harus di capai dalam debat ialah:
  1.   Pendidikan politik: Debat merupakan salah satu media wadah untuk adanya bertukar pendapat tentang keadaan, dan yang akan di lakukan oleh pasangan calon terhadap Indonesia.
  2.  Komunikasi politik: Komunikasi politik terjadi dalam debat, mereka saling beradu argumen, gagasan dan ide kreatifnya masing-masing untuk memajukan negara dengan strategi dan harapan pada masyarakat.
  3.  Tauladan bagi masyarakat: Para tokoh atau pasangan calon yang terlibat dalam debat menjadi salah satu contoh orang yang dapat diambil kebaikan nya di muka umum. Mereka berpendapat untuk kepentingan Indonesia di atas segala nya. Yang mengakibatkan timbul rasa kecintaan dan kepedulian terhadap NKRI.



1 comment:

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages