Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, February 7, 2017

Realistis Harmonis

Realistis Harmonis



                Kehidupan yang ideal selalu datang dari keinginan idealis ,tapi nyatanya memang tidak setiap rencana yang kita susun dapat berjalan lancar. Dalam setiap rencana yang kita anggap ideal ataupun baik, mungkin saja menurut orang belum tentu baik. Ketika rencana kita tidak berjalan baik mungkin saja Allah swt menyiapkan rencana yang terbaik untuk kita.
Seorang anak yang tidak mengharapkan kebahagian dari keluarganya walaupun kondisi ekonomi yang keluarganya alami sangat sederhana atau bisa dikatakan pas-pasan. Seorang anak yang mengalami kondisi seperti itu lantas dari pemikiran idealnya dia ingin berusaha membantu keluarganya agar tetap  harmonis walaupun kondisnya demikian, dengan tidak banyak melakukan tuntutan kepada orang tuanya dan bertindak sesuai kehendak orang tuanya. Tapi apa kenyataanya Keluarganya mengalami perpecahan dan terpaksa pemikiran idealis seorang anak tersebut tak bisa tercapai karena keharmonisan yang ia harapkan tidak berjalan dengan sesuai rencana.
Memang kadang kenyataan tidak sesuai dengan pemikiran ataupun keinginan ideal yang di inginkan, sesederhana apapun keidealan yang kita inginkan hal tersebut selalu mengalami hambatan.
Realistis Harmonis merupakan jargon pribadi, Jargon Pribadi? ya, hal ini dikatakan pada seorang pemuda yang memang dia di cap seorang idealis oleh gurunya. Keidealisannya memang tidak diragukan dalam menjalankan wewenangnya terhadap suatu organisasi tapi nampaknya semakin berjalannya waktu idealisnya itu tidak menimbulkan keharmonisan bagi orang banyak atau terkesan egois pribadi yang menonjol dari apa yang ia katakan idealis.

Realistis Harmonis merupakan penawar dari keidealisan pemuda yang dimaksud  agar dalam berperilaku ataupun berorganisasi dia tidak mengulang keegoisan yang diselimuti kata idealis. Realistis berarti menjalankan kehidupan sesuai kenyatan dan berusaha menerima kenyataan walaupun kenyataan tersebut perih sekalipun. Realistis yang dimaksud tidak berarti mendekati arti pragmatis karena disatukan dengan kata harmonis. Kata harmonis ini sebenarnya merujuk pada arti idealis tetapi pada dasarnya tidak memunculkan ego pribadi. Yang mana arti harmonis disini berarti harmonis bagi diri dan lingkungan karena kondisi harmonis tidak bisa ditimbulkan karena keidealan pribadi melainkan juga keidealan orang lain yang berada disekitarnya.

1 comment:

  1. Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di D*E*W*A*P*K agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages