Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, February 7, 2017

Sisa Tahun Kemarin

Sisa Tahun Kemarin
Keadaan Kota Bandung Beberapa Jam Sebelum Perayaan Tahun Baru


Pergantian tahun menjadi sesuatu yang sepesial bagi sebagian orang, terlihat dari pergantian tahun 2016-2017, kemeriahan terasa di Kota Bandung kebetulan pada saat itu saya merasakan malam pergantian tahun baru bersama rekan-rekan dari  Organisasi Pecinta Alam di kampus. Saya merasakan malam pergantian tahun baru di daerah kabupaten bandung barat tepatnya di Gn. Batu dari daerah ini saya bisa melihat daerah kota Bandung dan daerah kabupaten Bandung Barat dari atas ketinggian Gn. Batu.
Saya merasakan eforia atau luapan kebahagiaan banyak orang disana mungkin luapan kebahagiaan itu berasal dari pencapaian keberhasilan yang mereka dapatkan pada tahun lalu dan mereka berharap pencapaian yang lebih di tahun berikutnya. Luapan kebahagiaan yang orang-orang lakukan dibawah sana (Saya melihat dari ketinggian Gn. Batu) bermacam-macam diantaranya adalah menyalakan kembang api, perayaan acara musik dan lain-lain.
Terdengar nyaris seperti suara ledakan bom yang berskala sedang jika gemuruh suara ledakan kembang api itu disatukan dan saling bergantian di daerah kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Mungkin mereka yang dibawah atau yang berada didaerahnya tidak merasakan suara ledakan keseluruhan yang menurut saya lumayan mengerikan jika tidak melihat itu dari efek kembang api.
Takjub melihat keindahan kota Bandung pada Malam hari apalagi pada malam pergantian tahun. Tapi yang saya bayangkan adalah efek dari ledakan kembang api di berbagai daerah kota Bandung dan Kabupaten Bandung Sekitarnya. Saya berada di Gn. Batu kira-kira sampai 03.00 WIB  1 Januari 2017, Langit mulai terlihat tidak terlalu gelap dan saat itu saya melihat kumpulan asap di langit Bandung saya rasa itu adalah efek yang ditimbulkan dari kembang api yang berlangsung selama kurang lebih 2 Jam dari setiap titik di Bandung.
Ledakan kembang api yang dihasilkan dari berbagai titik di daerah Bandung ini nampaknya tidak hanya menjadi simbol dari luapan kebahagiaan setiap orang di berbagai titik di Bandung namun nampaknya ini juga menjadi luapan kesedihan alam. Saya membayangkan berapa luas langit Bandung yang tercemari oleh asap kembang api. Saya rasa langit yang tercemai ini sangat luas kita ketahui bahwa asap yang ditimbulkan dari ledakan kembang api ini bukan hanya asap biasa melainkan penuh dengan zat-zat yang merupakan polutan bagi lingkungan.
Berdasarkan keterangan KOMPASIANA Jika negeri kita menghabiskan sedikitnya 10 ton kembang api, dengan asumsi perbandingan nitrat dan klorat sama besar, maka kita menyumbang pencemaran ke udara berupa gas belerang (SO2) sebanyak 7,5 ton dan gas karbondioksida (CO2) sebanyak 10 ton.
Ini menunjukan bahwa secara langsung disadari atau tidak disadari setiap orang yang menyalakan kembang api pada saat malam pergantian tahun baru, mereka ikut berpartisipasi atau ikut menyumbang dalam pencemaran udara yang mereka lakukan dari kembang api yang mereka nyalakan. 

 Jika hal ini dilakukan terus menerus sehingga lingkungan kita dibiarkan terus menerus tercemar dan hal ini dilakukan setiap tahun, apa yang kita sisakan dari tahun kemarin untuk anak cucu kita ?. Kita hanya menyisakan sedikit udara sedikit saja oksigen yang bersih untuk anak cucu kita di masa depan. Semoga tulisan ini menjadi refleksi bagi kita untuk tetap menjaga lingkungan walaupun pada dasarnya hanya untuk merayakan sesuatu hal. 

1 comment:

  1. Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di D*E*W*A*P*K agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages