Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday, June 14, 2017

Jangan Berhenti Bertanya

Jangan Berhenti Bertanya


Ilustrasi Jangan Berhenti Bertanya


Udara sejuk masih terasa di desa ini, desa dimana saya dibesarkan, suasana anak-anak bermain di halaman rumah menguatkan kenangan beberapa tahun lalu saat kurang lebih umur saya sama dengan anak-anak itu kira-kira umur 5 tahun. Mereka mendekat saat saya ngeluarkan handphone dari saku jaket, mereka bertanya "naon a eta??" saya jawab "ieu namina hp?". Tak puas dengan jawaban saya, mereka mendekat dan melihat apa yang saya lakukan dengan hp yang saya pegang.
Pertanyaan terus bermunculan dengan pertanyaan rata-rata pertanyaan yang sama yaitu "naon a eta?" hampir saya kesal dengan pertanyaan tersebut. Tapi pas saat saya kesal pertanyaan anak tersebut menanyakan tentang sebuah foto
"naon a eta?"
"Foto"
"Foto naon a eta?"
"Foto soekarno"
"Saha a?"
"Presiden pertama RI"
Saya pikir anak ini tidak paham apa maksud saya dan saya rasa ini mengakhiri pertanyaannya. Tapi saya kagum karena pertanyaan nya berbeda karena berlanjut dengan pertanyaan "saha a eta?". Saya mencoba membuatnya paham minimal tau orang yang di foto adalah orang besar. " Cobi tingal ka lebet di lebet aya kan fotona sami?" saya mencoba membuat anak itu penasaran karena kebetulan di dalam rumah memang ada foto soekarno. Anak ini masuk kedalam rumah saya dan melihat foto di dinding bersama temannya lalu ia berkata "oh enya a sami sukarno!". Macam orang paham saja ini anak "aya a sieun" tambahnya begitu "ah dasar anak kecil tak tahu kalau fotonya ada dmna2 itu terkenal,malah bilang takut". Tapi saya mencoba memahami anak ini, pasti itu hanya ucap ulang perkataan saya saja. Tapi tak apa yang terpenting saya tidak membatasi hak dia bertanya dengan memarahinya karena kesal atau mungkin saja menambah ingatannya tentang foto orang besar.
Selepas itu saya tersenyum ingat dulu juga saya pernah di marahi oleh orang tua saya karena terus-terusan bertanya tentang apa yang ia lakukan bahkan saat sedang menonton tv semua yang ada di tv saya tanyakan sampai saya d marahi.
Saya mencoba menganalisisnya, mungkin saja setiap anak di didesa kurang aktif bertanya disekolah karena perlakuan orang tua yang berusaha menghentikan pertanyaan anaknya karena sibuk dengan pekerjaan rumah sehingga rasa bersalah pada sang anak pun timbul seakan-akan bertanya bisa menjadi kesalahan apalagi jika pertanyaan nya salah karena mereka selama bertanya pasti orang yang ditanyai oleh mereka selalu kesal karena mengganggu pekerjaan mereka dan terkadang pertanyaan mereka aneh tak ada jawabannya atau jawabannya sulit untuk dijelaskan pada anak kecil yang belum bisa menerima jawaban orang dewasa. Sehingga kemarahanlah yang mereka dapatkan bukannya jawaban yang mengobati rasa penasaran mereka.
Rasa penasaran mungkin saja selalu membayangi anak yang selalu ingin tahu lantas anak mencoba mencari tahu sendiri tanpa bertanya tanpa tahu itu benar atau salah yang jelas mereka mecoba mengobati rasa penasarannya.
Bahayanya jika informasi yang didapat adalah salah tak mau bertanya lantas mereka kemudian membuat pandangan pribadi, dan pandangan anak menjadi salah karena tak paham. Mungkin ini hanya satu dari banyak kemungkinan tapi jika hal ini adalah kemungkinan yang benar cobalah menjawab pertanyaan anak dan jangan memarahi anak bertanyaa karena itu bukan kesalahan melainkan secara naluria itu adalah rasa penasaran.

Mungkin saja dengan tidak menganggap bertanya adalah hal yang mengganggu atau hal yang salah, mereka tidak takut lagi bertanya untuk kebenaran dan kebaikan, dan mungkin saja rasa takut salah dalam bertanya akan hilang ketika usia mereka mengijak bangku sekolahan.

1 comment:

  1. ayo ditunggu apa lagi segera bergabung dengan kami di D/E/W/A/P/K
    menangkan uang jutaan rupiah, dengan minimal deposit 10.000 saja looo.
    ayo segera bergabung ya ditunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages