Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday, May 2, 2018

PECINTA ALAM




             Sebuah tulisan yang terlahir dari kegelisahan penulis tentang definisi, esensi serta implementasi Pecinta Alam. Pecinta alam mungkin dulunya adalah sebuah istilah bagi perorangan yang mencintai alam dalam artian menjaga alam atau mungkin sebuah istilah yang sama sekali belum mengarah pada seseorang atau organisasi yang mencinta, tapi terlepas dari istilah ini kapan dipakai yang jelas secara pasti belum ditemukan referensi secara pasti oleh penulis. Istilah pecinta alam mulai dikenal tahun 50-an dengan adanya organisasi pecinta alam bernama PPA tapi istilah ini mengandung arti sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kegiatan di alam bebas karena saat itu masih berkembang macoisme,bahkan slogan-slogan “penakluk alam” masih sering dipakai oleh pegiat alam bebas.
            Menaklukan alam menjadi trend sendiri saat itu dengan merasa keren dengan hal tersebut. Tapi setelah muncul paham dan paradigma bahwa pecinta alam itu bukan hanya kegiatan dialam bebas maka perlahan makna pecinta alam berubah menjadi perorangan atau sekumpulan orang yang menjaga dan merawat alam atau lebih pada konsep konservasi terhadap alam.  Jadi kata penakluk atau menaklukan alam yang dilakukan oleh pecinta alam menjadi kontradiktif maka perlahan kata-kata penakluk alam menjadi menghilang.
            Penakluk alam berarti seorang atau kelompok harus mampu melawan alam hingga alam takluk atau tunduk dan yang kuatlah yang menaklukannya. Hal ini sangat berlawanan dengan konsep cinta karena cinta sendiri bermakna menyayangi dan menjaga. Maka pecinta alam yang dimaksud adalah seseorang atau sekelompok yang mampu menyayangi, menjaga dan merawat alamnya.
            Perginya pecinta alam ke gunung, mulainya pecinta alam memanjat ketebing, berkelananya pecinta alam kehutan itu bertujuan untuk memahami kondisi alam, dengan mengenal serta dapat mensyukuri juga nikmat yang Tuhan telah berikan, maka pecinta alam dapat memahami secara mendalam tentang arti menjaga dan melestarikan alam.
            Kondisi kekinian dengan banyak muncul istilah pecinta alam, dalam organisasi-organisasi dengan latar kegiatan dialam bebas menunjukan banyaknya minat khususnya pemuda  terhadap kegiatan kepecintaalaman, terlepas niat apa yang mereka miliki, entah karena kegiatan dialam bebasnya atau memang konsep konservasi atau menjaga dan melestarikan yang telah mereka pahami pada pecinta alam.
            Banyaknya organisasi pecinta alam seharunya memang menjadi banyak pula gerakan konservatif terhadap alam namun memang pada pelaksanaannya tak semuanya bergerak pada bidang konservatif, banyak organisasi pecinta alam bergerak pada olahraga dialam bebas serta kegiatan lainnya dialam bebas. Hal ini menjadikan makna pecinta alam menjadi luas kembali bahkan tak ada persamaan persepsi tentang pecinta alam secara langsung harus bergerak pada bidang konservasi secara langsung atau tidak langsung.
            Pada dasarnya pecinta alam dalam bentuk perorangan atau kelompok memiliki tujuan yang jelas yaitu tujuan positif untuk mengembangkan potensi diri maupun organisasi baik dalam kegiatan konservasi atau kegiatan lainnya yang berada di alam bebas yang semuanya itu memiliki manfaat bagi diri dan sekitarnya baik orang lain maupun lingkungan disekitarnya.



1 comment:

  1. ayo ditunggu apa lagi segera bergabung dengan kami di D/E/W/A/P/K
    menangkan uang jutaan rupiah, dengan minimal deposit 10.000 saja looo.
    ayo segera bergabung ya ditunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages