Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday, July 10, 2019

Menikmati Pemandangan dan Menyaksikan Peninggalan Belanda di Gunung Kunci



Gunung Kunci berbeda dengan gunung-gunung yang lain. Biasanya jika dinamakan gunung memakan waktu pendakian yang lama juga membutuhkan perbekalan yang banyak. Tapi hal ini berbeda dengan Gunung Kunci, Gunung Kunci ini merupakan bukit yang berada tidak jauh dari pusat kota Sumedang. Aksesnya pun sangat mudah apabila kalian ingin ke Gunung Kunci ini kalian pasti melewatinya apabila melewati jalan raya Cirebon-Bandung tepat berada di pinggir jalan tersebut, Berdekatan dengan Kantor Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumedang dan Lapang Sepak Bola Tadjimalela.

Tidak hanya bukit yang memiliki ketinggian untuk melihat pemandangan dan suasana asri seperti berada di bukit-bukit pada umumnya. Tapi di Gunung Kunci ini juga terdapat cerita bersejarah, karena di Gunung Kunci ini ada Benteng bahkan Goa-Goa Peninggalan Belanda. Jadi selain suasana sejuk dan asri seperti kita berada di bukit-bukit pada umumnya, di Gunung Kunci ini kita bisa menyaksikan peninggalan sejarah saat masa penjajahan Belanda.




Goa atau lorong yang ada pada benteng peninggalan Belanda tersebut memang terlihat menakutkan apabila dilihat dari luar, kita tidak perlu khawatir karena lorong-lorong tersebut bisa kita masuki dengan aman, karena goa atau lorong-lorongnya gelap tentunya kita harus membawa penerangan seperti lampu senter atau flash yang ada di Handphone.

Bukan hanya goa atau lorong dan suasana bukit saja yang ada disana tapi ada juga tempat bermain anak disana seperti ayunan, perosotan dan permainan anak lainnya yang ada di sana. Selain itu juga di Gunung Kunci ini juga ada permainan Flying Fox. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap untuk datang bersama keluarga karena ada permainan anak dan tentunya orang dewasa pun bisa menikmati suasana sejuk dan dan asri di Gunung Kunci ini. Ada juga tempat untuk berkumpul didalamnya tentunya bisa dipakai untuk sekadar makan beristirahat disana tapi tetap jaga kebersihan dan tidak mengganggu pengunjung lain.

Suasana benteng dan goa peninggalan Belanda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata gunung kuci ini. Suasana benteng peninggalan Belanda ini sering dijadikan tempat befoto anak muda yang tentunya daerah ini menjadi instagrammable bagi para anak muda. Akses menuju objek wisata gunung kunci ini sangat mudah dan juga memiliki tempat parkir yang luas bagi kalian yang ingin berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi baik memakai mobil ataupun motor tidak perlu khawatir karena objek wisata ini memiliki tempat parkir yang lumayan luas. Selain tempat parkir yang lumayan luas juga di Gunung Kunci ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap mulai dari mushola dan toilet ada di dalam objek wisata gunung kunci ini.



Gunung kunci ini merupakan Tahura atau kepanjangan dari Taman Hutan Raya. Taman Hutan Raya ini merupakan kawasan pelestarian alam (konservasi) yang dilindungi Undang-Undang No 5 tahun 1990 Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Bahkan dengan jelas ada papan informasi yang memuat hal tersebut, Ancaman pidana apabila melanggar salah satu pasal yang berkaitan dengan kawasan konservasi ini . Selain itu di papan infomasi lain memuat informasi berkenaan dengan Kawasan Gunung Kunci ini masuk dalam Cagar Budaya yang dilindungi oleh Undang- Undang No 11 tahun 2010 tentang Cagar budaya dan di sana juga tertulis ancaman pidana bagi orang yang melanggar Pasal tentang cagar budaya yang dimaksud. Menjadi tanggung jawab kita sebagai warganegara untuk mentaati peraturan perundang-undangan apalagi tujuannya menjaga dan memelihara kelestarian alam serta peninggalan bersejarah.


Terimakasih telah membaca artikel kami silakan tekan tombol follow untuk mengikuti update-an terbaru blog kami, dan tinggalkan komentar untuk membangun blog kami agar lebih baik lagi....


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages