Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, August 27, 2019

KEKERINGAN



Kondisi saat ini kita sedang merasakan kekeringan dibeberapa daerah, bahkan dibeberapa wilayah Indonesia warga kekurangan air bersih untuk di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari di beberapa wilayah juga terjadi kebakaran hutan karena musim kemarau yang terjadi. Parahnya dampak kekeringan ini nampaknya sama saja dari tahun ke tahun.

Program-program pemerintah yang katanya bisa mengatasi permasalahan kekeringan yang akan terjadi di wilayah Indonesia nyatanya belum berdampak besar. Apalagi persoalan kebakaran hutan yang seakan menjadi permasalahan tahunan. Memang keberadaan program pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan terkait dengan lingkungan khususnya terkait dengan kekeringan dan kebakaran hutan kita harapkan benar-benar bisa optimal menyelesaikan permasalahan.

Dampak Pembangunan

Pembangunan yang dilakukan saat ini sangatlah gencar dilakukan mulai dari pembangunan waduk atau bendungan, Jalan tol, bandara dan lain sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk kesejahteraan rakyat dimana pembangunan yang dilakukan diharapkan bisa berdampak pada segala aspek yang ada dimasyarakat terutama pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Namun nampaknya setiap pembangunan pasti memiliki dampak postif dan negatif jika ditinjau dari beberapa aspek. Hanya saja ini terkait kebijakan sebuah pilihan yang harus dilakukan pemangku kebijakan terkait penyelesaian persoalan.

Pembangunan yang memerlukan biaya besar tak hanya biaya dalam bentuk uang namun ada ongkos lingkungan juga yang harus dibayar dari diadakannya pembangunan di beberapa daerah. Saat pembangunan dilakukan kenyataanya banyak warga terdampak secara langsung maupun secara tidak langsung, secara langsung yang dimaksud adalah warga yang bersentuhan langung dengan dampak kebijakan seperti warga yang lahannya terpakai baik lahan pertanian, lahan pemukiman atau lahan-lahan lainnya yang berkaitan dengan fasilitas umum. Belum lagi warga yang terdampak lahan-lahannya itu ada sebagian yang harus beralih mata pencarian dari petani menjadi pedagang, atau buruh karena lahan pertanian pribadinya telah tiada.

Ada warga yang terdampak tidak langsung yaitu berarti warga yang merasakan dampak dari pembanggunan tapi tidak berurusan langsung dengan pembuat kebijakan seperti warga di daerah pinggiran waduk atau bendungan pasti merasakan panasnya terik matahari atau kenaikan suhu dibanding sebelumnya akibat adanya pembangunan waduk atau bendungan. Bisa juga warga terkena debu proyek yang setiap hari kendaraan melintas depan rumahnya dan lain sebagainya.

Bisa dibayangkan dampak fisik dari pembangunan yang tentunya mengubah kondisi bahkan bisa jadi situasi suatu daerah. Di suatu daerah secara kasat mata pembangunan sebuah waduk atau bendungan menenggelamkan sekian hektare tanah yang terdiri dari banyak desa dan hutan serta fasiltas umum lainnya selain itu untuk akomodasi adanya jalan proyek juga menebang hutan yang ada di sekitarnya kemudian beberapa gunung jadi incaran karena memilki cadangan bahan baku semen dan batu sebagai bahan utama pembangunan bendungan.

Jika di hitung-hitung dengan angka pasti, pastilah banyak sekali pohon dan hutan yang hilang ditebang yang jadi persoalan alih-alih membuat cadangan ari dibendungan atau waduk, hutan yang ditebang tak ditanami lagi bahkan tanahnya sudah tak bisa ditanami lagi padahal bisa jadi hutan yang hilang pohonya kemudian ditebang itu menyimpan cadangan air karena kita tahu fungsi hutan sebagai penyangga kehidupan.

Air yang nampak menjadi sorotan dan perhatian, air yang tak nampak dipermukaan seakan luput dari perhatian. Cadangan air yang berada di pegunungan di hutan hutan yang telah digunduli dengan dalih membuat bendungan untk cadangan air luput dari perhatian. Saat ini belum terasa atau mungkin untuk orang-orang yang dekat dengan lokasi tersebut bisa merasakan dengan nyata perubahannya.
Penampungan menuju dari hulu ke hilir menjadi perhatian tapi sumber utamanya yang berada dihulu sungai apakah tetap jadi perhatian? Sungainya terus dibersihkan bendungannya terus ditambah tapi apakah hulunya benar-benar dijaga?

Tanggung Jawab Bersama
Jumlah pembangunan yang besar dibeberapa daerah harus menjadi perhatian bersama. Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi kita sebagai warga negara harus bersama-sama mengontrol kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah apalagi terkait dengan lingkungan yang pastinya menjadi perhatian kita bersama.

Gunung-gunung yang menjadi hulu dari mengalirmya air, harus kita jaga kesuburannya agar cadangan air didalamnya dapat tersimpan dengan baik. Kondisi kekeringan yang terjadi saat ini bukan tidak mungkin akan lebih parah dikemudiann hari apabila kita tidak menjaga kelestarian alam dengan bersungguh-sungguh.

Pola perilaku yang harus kita lakukan dengan sangat mudah adalah membuang sampah pada tempatnya syukur-syukur bisa mengubah kebiasaan membuang menjadi mengolah demi terciptanya zero waste. Tak ada yang dibuang dan tak ada juga yang akan menjadi polutan bagi mahluk lainnya apabila kita bisa mengubah membuang menjadi mengolah. kita ketahui sampah plastik yang sulit diurai ini juga akan mempengaruhi kualitas tanah sampah plastik yang dibuang sembarangan akan membuat tanah menjadi tercemar.

Belum lagi  kegiatan pertanian, yang kini penggunaan pupuk alami telah bergeser pada penggunaan pupuk kimia, tentunya hal demikian mempengaruhi juga kualitas tanah. Memang banyak juga hal yang menjadi alasan penggunaan pupuk kimia di dunia pertanian, tapi yang jelas bahwa harus ada hal-hal kecil yang berdampak pada lingkungan yang segera harus kita lakukan. Karena kekeringan atau kekurangan air yang terjadi hari ini atau dimassa yang akan datang bisa jadi terjadi bukan hanya akibat faktor musim tapi bisa jadi juga akibat kondisi lingkungan yang mulai tidak bersahabat dengan kita.
Salam Lestari....


Terimakasih telah membaca artikel kami silakan tekan tombol follow untuk mengikuti update-an terbaru blog kami, dan tinggalkan komentar untuk membangun blog kami agar lebih baik lagi....

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages