Literasi Rakyat Merupakan blog yang memuat tulisan-tulisan artikel opini tentang pendidikan, petualangan, karya puitis serta informasi berita-berita secara umum.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday, August 28, 2019

Pengertian Komunikasi



Sebagai makhluk sosial kita senantiasa berkomunikasi antara satu sama lain, tapi apakah kita tahu arti komunikasi itu sendiri? Kita akan sedikit mengulas pengertian komunikasi disalah satu sumber yang saya temukan.

Kata komunikasi itu berasal dari kata Latin communicatio, seperti halnya menurut Effendi (1990, Hlm. 9) menyatakan bahwa “istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggris communication berasal dari kata Latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna”.

Hal ini berarti dalam berkomunikasi hal yang paling penting adalah sesuatu hal yang sama, dalam konteks ini berarti bahasa yang digunakan harus sama agar  dalam berkomunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih itu dapat tersampaikan denga baik. Selain bahasa juga konten pembicaraan atau isi dari pembicaraan harus juga memiliki pemahaman yang sama agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Seperti halnya menurut Effendi (1990, Hlm. 9) bahwa kalau dua orang terlibat dalam komunikasi, misalnya dalam bentuk percakapan, maka komunikasi akan terjadi atau berlangsung selama ada kesamaan makna mengenai  menegenai apa yang dipercakapkan. Kesamaan bahasa yang dipergunakan dalam percakapan itu belum tentu menimbulkan kesamaan makna. Dengan lain perkataan, mengerti bahasanya saja belum tentu mengerti makna yang yang dibawakan oleh bahasa itu. Jelas bahawa percakapan kedua orang tadi dapat dikatakan komunikatif apabila kedua-duanya, selain mengerti bahasa yang dipergunakan, juga mengerti makna dari bahan yang dipercakapkan.

          Tujuan dari komunikasi itu bukan hanya untuk menyampaikan pesan atau dikatakan informatif tapi juga pesan yang disampaikan harus persuasif atau yang menerima pesan tersebut harus mengerti paham hingga melakukan hal ini sesuai menurut Effendi (1990, Hlm. 9) bahwa komunikasi itu minimal harus mengandung kesamaan makna antara dua pihak yang terlibat. Dikatakan minimal karena kegiatan komunikasi tidak hanya informatif, yakni agar orang  lain mengerti dan tahu, tetapi juga persuasif, yaitu agar orang lain bersedia menerima satu paham atau keyakinan, melakukan suatu perbuatan atau kegiatan dan lain-lain.
        Menurut Carl I. Hovland, ilmu komunikasi adalah: Upaya yag sistematis untuk merumuskan secara tgar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap (dalam Effendi 1990, Hlm. 10).
       Laswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah menjawab pertanyaan sebagai berikut : Who says waht in which channel to whom with what effect? Paradigma laswell di atas menunjukan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang di ajukan itu yakni :
·         Komunikator (communicator, source, sender)
·         Pesan (Message)
·         Media (Channel, media)
·         Komunikan (communicant, communicatee, receiver, recipient)
·         Efek (efect, impact, imfluence)
(dalam Effendi 1990, Hlm. 10).

Daftar Pustaka :
Effendy, Onong U. (1990). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosda


Terimakasih telah membaca artikel kami silakan tekan tombol follow untuk mengikuti update-an terbaru blog kami, dan tinggalkan komentar untuk membangun blog kami agar lebih baik lagi....

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages